GUNUNG ๐‹๐š๐ฐ๐ฎ MISTIS ATAU EKSOTIS?

Dituntun Burung Jalak dan Pendakian Mistis Gunung Lawu Lintas Jalur, Cetho - Cemoro Sewu

- A THREAD -
@bacahorror #bacahorror
Gaperlu cek ombak, karena rt dan like udah ada yang ngatur. Disini cuma mau share pengalaman aja biar ga ilang ditelan waktu.
Dengan memiliki ketinggian 3.625 mdpl, Gunung Lawu menempati sebagai satu dari 7 Summits of Java. Selain karena ada warung tertinggi di Indonesia, gunung lawu punya banyak misteri atau mitos yang jadi daya tarik bagi para pendaki.
26-29 agustus 2019 gua memutuskan untuk naik Lawu berdua bareng temen. Iya, berdua.
Ada beberapa poin yang pengen gua bahas disini tapi gua jadiin satu alur cerita aja biar ga ribet. Diantaranya :
-sejarah gunung lawu
-pantangan pendakian
-track pendakian
-pengalaman mistis dan dituntun burung jalak lawu
Gunung yang terletak di perbatasan provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur ini memiliki 3 jalur pendakian yang jadi favorit, yaitu Jalur Cemoro Kandang(Karanganyar), Candi Cetho(Karanganyar), Cemoro Sewu(Magetan). Sekarang Lawu berstatus "istirahat" setelah terakhir meletus pada 1885
Dikutip dari Phinemo, gunung ini merupakan tempat moksa dan menghilangnya pemimpin terakhir kerajaan Majapahit yaitu Prabu Brawijaya V.
Salah satu bukti peradaban dan peninggalan Majapahit disana yaitu Candi Cetho, berada di lereng gunung Lawu, tepatnya dusun Cetho, kabupaten Karanganyar. Di tempat ini pula sekarang dijadikan basecamp pendakian gunung Lawu.
Menurut kepercayaan setempat, pantangan menaiki gunung Lawu ini yaitu jangan memakai pakaian atau tenda berwarna hijau. jangan mendaki dalam jumlah ganjil. Jangan banyak ngeluh, kalo lu ngeluh capek, jadi capek beneran, kalo ngeluh panas, jadi panas beneran.
Gatau si bener atau engga pantangannya, tapi yang namanya tempat asing dan adat setempat, ya gua tetep menghormati. Sebenernya gua sendiri ga terlalu percaya hal kaya gitu, kalo kejadian yaudah, kalo engga ya alhamdulillah. Tapi selama kita mentaati aturan mah insya Allah aman
Setiap malam 1 suro, para pendaki dan warga setempat rutin melaksanakan ziarah di spot yang di sakralkan dan melaksanakan kegiatan kepercayaan mereka.
Sebelum masuk cerita inti, gua mau minta maaf dulu barangkali thread nya berantakan atau cerita nya ga seru hehe
Basecamp Cetho

Pendakian ini dilakukan berdua dengan salah satu temen kampus gua, sebut aja si A. Kita tiba di BC Cetho sekitar jam set 6 sore. Tempatnya berada di 1440 mdpl.

BC nya bagus dan terawat, ada warung yang jual logistik dan penyewaan alat juga. Ini tempatnya
Setelah isi perut dan beres beres, kami istirahat. Oiya disini tempat registrasi dan basecampnya terpisah. Besoknya kami berangkat ke tempat registrasi pukul 06.30, dengan harapan semakin awal naik, semakin sejuk dan bisa cepat sampai camp.
Ternyata disana cuma ada anjing penjaga, kalo gasalah namanya Gori. Gori ini udah terkenal dikalangan pendaki lawu, sering juga dia nemenin pendaki sampe ke pos 5, bahkan sampe puncak.
Titip salam dong kalo ada yang ketemu dia lagi
Ternyata eh ternyata bukanya jam 07.30.Yaudah nungguin tuh. Karena dari awal udah niat untuk lintas jalur, kita udah siapin fotokopi ktp tiap orang 1. Setelah daftar, pamitan deh sama gori buat naik.
Basecamp - Pos 1 Mbah Branti (45 menit)

Di jalur ini melewati beberapa ladang warga dan track masih dibilang landai dan sedikit naik. Didominasi tanah, batu, dan vegetasi yang cukup terbuka.
Sekitar 15 menit berjalan, akan ada situs candi Kethek yang merupakan peninggalan keajaan Majapahit juga.
Kami menjadi pendaki pertama di hari itu, dan otomatis jalur nya sepi parah cuy. Menurut pendaki yang telah turun saat di basecamp, hanya ada beberapa rombongan yang masih ada diatas.
Di setiap pos nya, terdapat tempat khusus menaruh sesajen yang terdapat dupa yang masih nyala, kebayang kan gimana wkwk mungkin tempat ini digunakan bagi warga setempat yang melakukan kegiatan kepercayaan mereka.
Pos 1 - Pos 2 Brakseng (50 menit)

Trek ga jauh berbeda dari sebelumnya, malah lebih naik. Trek yang tadinya sedikit terbuka, perlahan mulai rapat karena rimbun nya pepohonan.

Di tengah perjalanan, kami dihampiri oleh burung endemik gunung ini, yaitu burung Jalak Lawu.
Ini dia sedang belarian kesana kemari
Bulu nya warna hitam kecoklatan dengan paruhnya yang berwarna kuning. Katanya sih burung ini hanya menghampiri dan menuntun pendaki yang punya niat baik.
Dia selalu ada di depan jalur kita mendaki seolah menemani dan menuntun sampai ke puncak. Ni burung kalo dideketin pasti terbang, terus dateng lagi di depan, gitu ae terus. Ya setidaknya menjadi teman baru kami di track yang masih sepi.
Memasuki pos 2, terdapat satu pohon tua paling besar disana yang dililit kain, gua juga gatau tujuannya untuk apa.

Badan sisi kiri gua reflek merinding dong tepat dimana pohon itu berdiri.
Ini lur pohonn nya
Btw gua akan banyak ngasih foto dan video, biar yang baca juga bisa ngerasain gimana tempatnya
Astaga rame banget, gaada yang mau baku hantam nih?
Pos 2 - Pos 3 Cemoro Dowo (65 menit)

Setelah istirahat, memanjakan kaki dan punggung, kami lanjut ke pos 3 yang jalannya udah mulai ngeri ngeri sedep.

Pohon pun masih rimbun seperti sebelumnya. Dan burung jalak masih setia menemani di depan.
5 menit sebelum pos 3, terdapat pos mata air berupa pipa yang dapat digunakan untuk refill persediaan air kita. Pipa ini juga yang dialirkan ke rumah warga untuk persediaan mereka.
Berikut beberapa dokumentasi sebelum pos mata air
Pos 3 - Pos 4 Penggik (90 menit)

Di pos 3 istirahat cukup lama karena kami udah tau kalau track selanjutnya adalah yang terberat hehe.

Tracknya berupa jalan naik berdebu tiada henti, upil lu auto kering dah disitu WKWK
Ini no filter sama sekali, emang begitu keadaan nya
Singkat cerita udah nyampe pos 4, nah gua rasa di pos 4 ini punya suasana yang paling beda dibanding pos lainnya.

Entah kenapa disini hening banget banget banget, dan gua juga gapernah ngerasain ini di sepanjang track
Liat kan betapa setia nya burung jalak ini nungguin kita istirahat di pos 4
Saking heningnya, ranting pohon kecil yg bergesekan tuh kedengeran, mulai parno kan tuh.
Akhirnya gua cerita nih ke si A, "eh seinget gua,kata dzawin, kalo mau nge camp jangan disini, mending di sebelum pos 4 atau sepanjang pos 4 - pos5 aja", waktu itu gua blm mau jelasin kenapa
Setelah gua cerita gitu, si A ini emang ngedengerin, tapi pandangannya bukan ke gua, dia ngeliat ke arah belakang gua dimana gua ngebelakangin pos 4 itu.

Karena gua sadar sesuatu telah terjadi wkwk gua ga langsung tanya saat itu juga dan buru buru packing buat gas lagi.
Yang ini gua jelasin di akhir ya hehe
Akhirnya lanjut dah tuh ke pos 5, dijalan sempet ketemu pendaki turun, mereka juga berdua.
Pos 4 - Pos 5 Bulak Peperangan (90 menit)

Menurut sumber yang beredar, track selanjutnya udah mulai landai, tapi kenyataannya landai cuma 30%:(

Di track ini vegetasi udah mulai kebuka, udah banyak rumput ijo dan ga se gersang sebelumnya.
Terlihat juga banyak pohon dan tanaman menghitam bekas kebakaran 2018 lalu. Memasuki pos 5 keadaan udah berubah menjadi sabana.

Kami berhenti sebelum masuk pos 5 buat bikin mie sekaligus rebahan sebentar.
Maka nikmat Tuhan mu yang manakah yang kamu dustakan?
Maka nikmat Tuhan mu yang manakah yang kamu dustakan? (2)
Abis itu lanjut sampe pos 5, foto foto dikit, gas lagi. Di sini masih berupa hamparan sabana yang luas bat, bisa buat tempat camp juga, tapi karena baru jam 15.30, kita putusin buat camp di Gupakan menjangan aja.
Nah foto ini tuh di pos 5
Pos 5 - Gupakan Menjangan (20 menit)

Di camp gupakan menjangan berupa tanah datar yang ditutupi beberapa pohon, jadi bisa buat banyak tenda. Gupakan berarti berupa genangan, dan menjangan berarti rusa. CMIIW
Konon ada mitos kalo gupakan nya ada air nya, nanti ada rusa yang minum disitu. Tapi berhubung ini musim kemarau, jadi gupakan nya kering.
Di camp ini cuma terdapat 4 rombongan termasuk kami, ada satu rombongan yang memutuskan untuk lanjut camp di mbok yem. Jadi disini tinggal 3 rombongan.

Tenda kami menghadap ke sabana, membelakangi 2 rombongan lain.
Setelah makan dan berbincang dengan mereka, karena udah cape banget, kami pun istirahat. padahal baru jam 8 malem bawaan nya mau rebahan aja:(
Pernah ga sih lu ngerasa capek banget di track pendakian, ngeluh, pengen pulang aja, nyesel naik gunung.

Tapi kalo udah pulang malah pengen naik lagi..
Ijin rebahan dulu yak sampe sahur, ntar dilanjut..
Maap nih baru dilanjut wkwk

Sebelumnya, semua "kejadian" yang gua alami bakal gua jelasin semuanya diakhir nanti.. sekarang nikmatin sampe selese ae dulu
Sekitar jam 11 gua kebangun karena saking dinginnya lawu, suasana tetap hening, hanya terdengar suara angin dari kejauhan.

Bener kata orang orang, suara di gunung itu adalah suara yang gaakan lu pernah denger sebelumnya, terutama di sini
Sleeping bag dan baju berlapis lapis ga mampu membendung dinginnya Lawu:(

Suhu waktu itu 2 derajat, walaupun ga 100% tepat, ya paling tidak mendekati segitu lah.
Di suasana hening gitu, kan gua tiduran nih, gua ngerasa ada sesorang berdiri dibelakang tenda gua, kaya ngawasin gitu.

Terus gua denger bunyi 2x langkah kaki orang pake sepatu boot persis di atas kepala gua. Panik dah gua ga karuan wkwk
Gua berusaha merem juga susah karena menggigil. Gua cuma ngomong dalam hati, "semoga ga kejadian aneh aneh dah, gua cuma pengen tidur doang". Beberapa saat setelah itu, gua akhirnya tidur.
Jam 1 malem gua kebangun lagi, dan hal yang sama pun terulang. gua ngedenger langkah kaki, tapi kali ini 3x, dan tempatnya sekarang ada di atas kepala temen gua.
Di situ gua cuma ngomong dalem hati, "kalo emang mau muncul ya muncul aja, asal baik baik".

Gua tungguin tuh, dan ga muncul lagi sampe gua tidur.
Yang bikin gua bingung itu, ngapain orang berdiri di belakang tenda gua jam 11 malem, di suhu yang dingin parah, terus ngelangkah cuma 2x doang.

Dan seandainya orang mau kencing pun pasti ada suara buka tenda atau suara tambahan lainnya, ga cuma 2x langkah doang
Yaudalah ya gua berusaha lupain dan berpikir sepositif mungkin kalo itu orang mau kencing.

Disini gua belum ceritain ke si A, karena gaboleh cerita yg aneh aneh sebelum turun.
Maka nikmat Tuhan mu yang manakah yang kamu dustakan? (3)

sunrise gupakan menjangan nih
Baru juga beres makan, ini si burung udah mau ngajak jalan aja..

Berhubung kita mau lintas jalur, maka tenda dan segala isinya harus di packing lagi dan dibawa sampe ke mbok Yem.
Gupakan Menjangan - Pasar dieng (30 menit)

Sejauh mata memandang, isinya sabana semua cuy, gupakan nya itu ada di sebelah kiri di video ini. Tapi ga keliatan karena kering. Setelah melewati satu bukit maka kita sampai di pasar dieng.
Pasar Dieng

Tempat ini juga udah terkenal dimana mana, ini juga jadi salah satu alasan kenapa ga disaranin lanjut jalan malem lewat pasar dieng.
Katanya disini tempat terakhir terlihatnya Alvi, pendaki yang hilang di Gunung Lawu akhir tahun 2018 lalu yg sampe sekarang belum ditemukan. CMIIW.

Konon, ketika melewati lokasi tersebut, para pendaki sering mendengar suara bising layaknya sebuah pasar.
Ada suara yang seolah menawari untuk belanja. Sebagian pendaki percaya, ketika mendengar suara tersebut, mereka harus membuang apa saja di lokasi 'Pasar Setan' layaknya melakukan transaksi jual beli di pasar.
Tempatnya itu berupa batuan yang tersusun rapih, dan tanamannya menutupi pandangan sehingga semua keadaannya terlihat sama.

Dari beberapa cerita yang pernah gua baca, katanya ada sosok hitam besar yang berusaha menyesatkan kita di pasar dieng.
Dan alhamdulillah kami ga mengalami hal tersebut, justru ketemu rombongan pendaki lain yg sama sama mau ke mbok Yem.
Pasar dieng - Mbok yem (35 menit)

Setelah itu akan tiba di Hargo Dalem salah satu puncak lawu. Disini dipercaya tempat muksa nya Prabu Brawijaya V.

Yang ini dari google
Aktivitas ziarah dan ritual merupakan sesuatu yang lazim di Gunung Lawu, terutama malam 1 Suro. Fasilitas bagi para peziarah dan pelaku ritual pun sudah cukup lengkap. Bahkan di sekitar Hargo Dalem, sudah ada beberapa tempat yang menjual perlengkapan ritual seperti bunga dan dupa
Warung mbok Yem berada di ketinggian 3150 mdpl, sebenernya ada banyak warung disana tapi cuma warung Mbok Yem yang buka

Permpuan bernama asli Wakiyem ini berjualan sekaligus menggantungkan hidup nya sejak 1980, warung nya merangkap sebagai rumah dan tempat peristirahatan pendaki
Salah satu makanannya yang khas adalah nasi pecel, kalo gasalah 13 ribu. Harga barang disini memang terbilang mahal, tapi sangat berguna bagi mereka yang kehabisan logistik. Mengingat barang2 tersebut dibawa susah payah oleh porter dari basecamp.
Gabisa dokumentasiin mbok Yem dari deket karena lagi sibuk :'(
Si Mbok hanya turun 1-2 kali aja setahun, sewaktu lebaran.

Listrik di warung nya didapat dari panel surya yang ada diatas warung. Katanya sih itu pemberian sukarelawan Anak Gunung Lawu beberapa tahun terakhir. Sebelum nya masih pake genset.
Di sekitar Hargo Dalem ini terdapat beberapa tanah lapang yang bisa dibangun tenda untuk beristirahat karena jaraknya deket banget buat ke puncak.
Mbok Yem - Puncak (30 menit)

Hanya butuh naik 115 meter lagi untuk ke puncak, medan yang dilalui adalah batu batuan. Di puncak terdapat tugu Puncak Lawu, puncak ini bernama Hargo Dumilah (3265 mdpl).

Disini bisa terlihat dikejauhan gunung gunung di Jawa Tengah dan Tawa Timur.
Di dekat tugu juga terlihat beberapa sampah sesajen yang mungkin bekas peziarah. Tapi ga sempet gua foto..
Nitip punya mbok Yem, namanya Temon. Jangan di apa apain yaak, nanti gua lanjutt hehe
Oke gua lanjut abis ashar aja yaa, sambil ngabuburit
Mbok Yem - Sendang Drajat (15 menit)

Oke jadi setelah puas dipuncak dan istirahat di mbok Yem, akhirnya pukul 10.30 pun kami turun. Di Hargo Dalem ini ada percabangan jalur dari 3 jalur, jadi kita bisa milih mau turun lewat mana.
Jalan ke sendang drajat pun masih berupa batuan landai dengan sisi kiri nya jurang.

Sisa persediaan air kami hanya tinggal setengah botol untuk sampai BC, itu pun untuk berdua. Awalnya kami kira di sendang drajat ada air yang bisa diambil.
Perjalanan turun pun disuguhi pemandangan indah yang gaada abisnya
Sendang Drajat - Pos 5 Jolotundo (10 menit)

Sendang drajat merupakan sumber air dan salah satu spot ziarah yang terdapat warung dan lahan untuk mendirikan tenda. Di samping mata air tersebut terdapat bangunan yang katanya digunakan Raja terdahulu untuk ritual.
Ini dari google
Setelah sampai disana, ternyata tidak ada satupun warung yang buka atau pun pendaki lain. Mata air nya kering hanya menyisakan genangan kecil. Saat kami ambil, air tersebut beraroma dupa dan keruh. Mungkin karena efek kemarau.
Pos 5 - Pos 4 Watu Kapur (15 menit)

Di pos 5 juga zonk, tidak ada satupun warung yang buka, yang ada hanya lahan kosong yang panas dan gersang.

Jalan selanjutnya sudah didominasi tangga batuan dan sebelah kiri masih jurang.
Pos 4 - Pos 3 Watu Gede (30 menit)

Sambil menghemat air, kami terus melanjutkan perjalanan turun ke pos 3 yang masih berupa tangga. Sesekali bertemu dengan porter yang membawa logistik ke mbom Yem.
Si Jalak semakin didepan
Di pos 3 kami bertemu rombongan pendaki yang juga turun di cemoro sewu. Setelah istirahat, mereka pun lanjut dan kami turun beberapa menit setelahnya.
Pos 3 - Pos 2 Watu Gedeg (30 menit)

Jalan masih tidak banyak berubah, tetapi mulai banyak percabangan, ada berupa tanah miring. Ada yang tangga batuan. Dan lagi lagi burung jalak masih menemani sampai di pos 2. Kaya nya nungguin kami istirahat juga.
Pos di cemoro sewu kebanyakan berupa bangunan permanen, tidak seperti lewat cetho yang berupa bangunan dari seng.

Sekarang sisa air tidak sampai 1/4 botol, dan itu untuk berdua.
Pos 2 - Pos 1 Wes Wesan (90 menit)

Perjalanan pun dilanjut, gua berjalanan sendiri karena si A mendahului gua. Jalan gua terganggu karena kaki kiri sempat terkilir dan sepatu yang aga kesempitan, ditambah lagi track tangga yang bikin dengkul lemes.
Ini gua kutip dari infopendaki, disitu tertulis estimasi dari pos 1 - pos 4 masing masing berkisar 1,5 - 2 jam. Inget, ini waktu naik ya, sedangkan gua turun. Perjalanan turun seharusnya bisa memangkas waktu setengahnya atau lebih cepet.
Dari pos 4 - pos 3 gua turun 30 menit, pos 3 - pos 2 juga 30 menit. Anehnya, disini kenapa gua butuh waktu 1,5 jam padahal itu track turun yang harusnya lebih cepet. Pas gua sampe pos 1 pun si temen gua ini udah nunggu sekitar 20 menitan.
Padahal gua jalan konstan, mau istirahat lama di track justru memperparah kondisi karena lagi panas terik.

Mau ga mau harus lanjut turun kan. Dan disini gua jalan sendiri gaada siapa pun, burung jalak juga udah gaada.
Pos 1 - Basecamp (40 menit)

Disini kami istirahat dan persediaan air udah abis, kami memutuskan untuk turun bareng rombongan lain. Katanya gajauh dari pos 1 ada sumber air, gua pun gabisa berharap lagi air nya bakal ada, gua cuma mau cepet turun wkwk..
Track udah jauh berubah, sekarang menjadi track landai berbatu. Sesekali kami ngobrol dengan mereka, dan ternyata mereka mau pulang ke tujuan yang sama yaitu terminal solo.
Rezeki pun datang, sumber air nya masih ada. Kami mengisi 2 botol menggunakan gayung yang disediakan. Sumber air ini berupa sumur kecil. Setelah itu kami lanjut jalan sampai basecamp.
Di basecamp kita istirahat dan ngabarin basecamp cetho via sms kalo kami sudah turun dengan selamat. Pihak basecamp pun sangat responsif dan ramah.
Setelah di terminal solo, dan naik bis perjalanan pulang, gua akhirnya cerita ke si A tentang yang gua alami. Jadi..
Nanti maleman ya gua lanjut wkwk
You can follow @dandiazre.
Tip: mention @twtextapp on a Twitter thread with the keyword โ€œunrollโ€ to get a link to it.